suriyati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Gara - Gara Gosip Nyawa Melayang

Gara - Gara Gosip Nyawa Melayang

Alkisah, dahulu kala, konon semua mahkluk ciptaan Tuhan itu bisa bicara. Sehingga mereka pun pandai bergosip seperti manusia. Sampai gosip terparahnya bisa mengakibatkan nyawa kawannya melayang.

Suatu hari si Kerbau bekerja berat sekali disawah. Kebetulan ini musim tanam padi, sehingga si Kerbau merasa perlu istrahat sehari saja untuk memulihkan kondisi badannya. Lagi asyik – asyiknya rebahan dikubangannya si Anjing lewat. “Hai teman kamu lagi ngapain, bukankah ini lagi musim tanam padi, kenapa kamu ada disini sekarang, apa kamu tidak bekerja”, kata Anjing.

“Ah… temanku, aku sangat lelah, kalau boleh besok aku mau istirahat sehari saja", kata kerbau dengan wajah lelah dan nafas yang berat .

Oh itu silahkan saja itu hak kamu, kata si Anjing lalu ia permisi untuk melanjutkan perjalannya.

Di pertigaan jalan menuju hutan, dia berjumpa dengan kucing. Anjing lalu berkata, "Tadi saya ketemu kerbau, katanya dia besok mau istirahat dulu. Menurutku itu sudah sepantasnya kerbau lakukan sebab boss kasih kerjaan terlalu berat".

Si Kucing tidak memperjelas berita itu, kemudian dia cerita sama si Kambing, bahwa kerbau komplain kepada boss karena dikasih kerjaan terlalu banyak dan berat, besok dia gak mau kerja lagi".

Si Kambing yang super cerewet ketemu dengan ayam, lalu diapun berkata, “Kerbau gak senang kerja dengan boss lagi, mungkin dia sudah ada kerjaan yg lebih baik".

Ayam yang rada budek bermaksud pulang ke kandangnya karena sudah sore, melihat si boss membuka kandang. Ayam lalu menyampaikan berita yang didengarnya tadi dari kambing. Boss… Boss, belum tahu ya kalau si Kerbau akhir – akhir ini sudah berubah sifatnya. Katanya dia mau tinggalin boss untuk kerja di boss yang lain". Mendengar ucapan si Ayam, sang Boss Marah Besar dan tanpa konfirmasi lagi, dia langsung menemui kerbau dan menyeretnya ke halaman belakang lalu menyembelinya, karena si Kerbau dinilai telah mengkhianatinya.

Padahal ucapan asli kerbau, "Saya Lelah dan Besok Mau Istirahat Sehari saja". Tetapi lewat beberapa temannya ucapan ini berubah dan sampai kepada sang boss menjadi, "Si kerbau akhir – akhir ini telah berubah sifatnya dan mau bekerja pada boss yg lain", sehingga menyebabkan si boss kalap dan menyembelinya.

Nah… ada beberapa hikmah dibalik cerita ini seperti:

- Berita yang kita dengar cukup sampai ditelinga kita saja, tidak usah sampai ke telinga orang lain (Tidak Usah Menyebarkannya ke orang lain)

- Check Kebenaran suatu berita dan jangan telan mentah – mentah sekalipun itu keluar dari mulut orang terdekat.

- Kebiasaan meneruskan perkataan/berita dari oang lain dengan menambah atau menguranginya Bisa Berakibat Fatal.

- Jika RAGU dengan ucapan/berita dari seseorg atau siapa pun, sebaiknya kita tanya langsung bertanya kepada yang bersangkutan untuk Konfirmasi Kebenarannya.

- Berhati – hatilah jika ingin menyampaikan suatu berita (Saring Dulu Sebelum Sharing).

#Stayathome

#TantanganGurusiana

#TantanganMenulis H-83

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bun..harus cerna dl ya Bu..baru bertindak..slm knl

07 Jun
Balas

Iya syg, supaya berita yang sampai diakhir tidak berakibat fatal... Salam kembali dari Luwu Utara SulSel

07 Jun

Keren, kita harus berhati - hati dalam berbicara

07 Jun
Balas

Iya bunda... Salam literasi

07 Jun

Cerita teladan

07 Jun
Balas

Aamiin....

08 Jun



search

New Post